Rabu, 08 Januari 2014

TUGAS 4 : PSI & INTERNET DLM LING INTRAPERSONAL



Nama              : Yenti Astuti
Kelas               : 2PA06
NPM               : 17512804
TUGAS          : 4


TUGAS: PSIKOLOGI & INTERNET DALAM LINGKUP INTRAPERSONAL  
PENDAHULUAN 
Setiap individu mempunyai peran dan perilakunya sendiri untuk berinteraksi di dunia maya. Dalam perilakunya itu kita harus bisa menyikapi sikap kita ketika kita berinteraksi dengan orang lain di dunia maya, karena perlakuan kita itu yang mencirikan kita di dalam dunia maua.

ISI
C. Peran Sosial Individu
Dengan setiap teknologi baru, hampir ada perilaku terkait re-organisasi sosial dan kultur dan refleksi, dan kadang-kadang bahkan kecemasan dan konflik. Hampir selalu ada juga banyak pembicara jurnalis, ulama, dan orang biasa untuk memahami apa yang mereka ketahui tentang perkembangan teknologi terbaru. 
Setiap peran sosial adalah serangkaian hak, kewajiban, harapan, norma, dan perilaku seseorang yang harus dipahami. Model ini didasarkan pada pengamatan bahwa orang-orang bertindak dengan cara yang diprediksikan. 

D. Dampak negatif dalam penggunaan internet
Internet kini sudah berkembang dengan pesat, tidak hanya untuk mencari informasi dan berkomunikasi, banyak juga dampak negatif dalam penggunaan internet yang pengguna internet yang kebanyakan anak-anak muda. Banyak orang yang menjalakan situs-situ yang terlarang dan banyak juga orang yang kecanduan dengan internet yang lebih sering berkomunikasi dengan orang-orang di dunia maya ketimbang dengan orang-orang di lingkungannya. Kita sebagai pengguna internet harus bisa mengetahui mana yang baik dan yang buruk bagi kita. 

KESIMPULAN
Perilaku prososial mencakup kategori yang lebih luas yaitu meliputi segala bentuk tindakan yang dilakukan atau direncanakan untuk menolong dan bermanfaat bagi orang lain, tanpa memperdulikan motif-motif si penolong. Sementara dampak negative dari perilaku individu dalam internet seperti perilaku adiktif lainnya seperti perjudian patologis, kecanduan seksual, perdagangan obsesif, belanja  kompulsif dan gila kerja. Semua perilaku khusus dari kegiatan, mengatakan penelitian terkait dengan penggunaan internet yang berlebihan.


REFERENSI
1. (3) Gackenbach, J. (2007). Psychology and the internet. Intrapersonal, interpersonal, and transpersonal implication. Kannada: Academic Press

Tidak ada komentar:

Posting Komentar