Rabu, 08 Januari 2014

TUGAS 6 : PSI & INTERNET DLM LING INTRAPERSONAL



Nama              : Yenti Astuti
Kelas               : 2PA06
NPM               : 17512804
TUGAS          : 6

TUGAS: PSIKOLOGI & INTERNET DALAM LINGKUP INTRAPERSONAL
PENDAHULUAN
Sebagai pengguna internet yang aktif kita perlu mengetahui dan memahami sejarah  dan komunitas yang ada di jaringan online dalam hal itu saya akan membahas sedikit tentang hal itu.

ISI
A. Sejarah Komunitas Internet.
Berikut ini merupakan perkembangan dari media sosial:
- 1987 awal dari penemuan sistem papan buletin yang memungkinkan dapat berhubungan dengan orang lain menggunakan surat elektronik, ataupun mengunggah ataupun mengunduh perangkat lunak, semua ini dilakukan masih dengan menggunakan saluran telepon yang terhubung dengan modem.
- 1995 kelahiran situs GeoCities yang melayani penyewaan penyimpanan data-data website agar halaman website dapat diakses dari mana saja. Website ini menjadi tonggak berdirinya website-website yang lain.
- 1997 muncul situ jejaring sosial yg pertama yaitu Sixdegree.com, walaupun sebenarnya pada tahun 1995 muncul situs Classmate.com, namun Sixdegree dianggap lebih sebagai jejaring sosial.
- 1999 muncul situs untuk membuat blog pribadi, yaitu Blogger. Pengguna bisa membuat halaman situsnya sendiri, dan bisa memuat apapun.
- 2002 berdirinya Friendster
- 2003 berdirinya LinkedIn, yang selain bisa untuk bersosial, bisa juga untuk mencari pekerjaan.
- 2003 berdirinya MySpace yang menawarkan kemudahan dalam menggunakannya.
- 2004 lahirnya Facebook, jejaring sosial yang terkenal sampai saat ini.
- 2006 lahirnya Twitter, jejaring sosial yang berbeda dengan yg lain, karena pengguna Twitter hanya dapat mengudara status.
- 2007 lahir Wiser yang diharapkan busa menjadi sebuah direktori online organisasi lingkungan seluruh dunia.
- 2011 lahirnya Google+, awalnya google+ diluncurkan secara terbatas, hanya orang-orang yang di undang oleh Google, setelah itu Google+ diluncurkan secara umum.

B. Polarisasi dalam internet-polarisasi kelompok
1. Jejaring sosial
User dapat berbagi informasi, data pribadi dan pengetahuan dengan teman dengan jejaring sosial yang sama.

2. Streaming
User dapat berbagi video, serta mengomentari dan me-rating video tersebut.

3. Forum Komunitas Maya
Disini proses polarisasi internet paling jelas terlihat, karena terlihat sekumpulan orang dengan kesamaan tertentu.

4. Cloud Storage
User biasanya lebih menggunakan beberapa situs storage lokal yang meminimalisasi waktu unduh dan unggah sementara yang lainnya memilih situs storage luar yang memiliki kapasitas besar.

5. Surel
Fasilitas penyedia surat-menyurat.

6. Blog
User dapat berbagi informasi tentang berbagai hal kepada para pembaca blog.

7. Milist
Penyedia diskusi online secara real time. Disini terdapat kelompok-kelompok yang dibagi berdasarkan topik yang dibicarakan dalam kelompok.

8. Chatting dan Teleconference
User dapat menggunakan situs ini untuk mengobrol dengan user lain secara real time, bahkan Teleconference user dapat bertatap muka dengan user lain.

D. Kelompok Kerja & brainstorming elektronik 
Kelompok kerja virtual
Kelompok kerja virtual adalah sebuah "ruang kerja" yang berlokasi di dunia internet, di mana seorang individu dapat menyelesaikan tugas-tugas yang diperlukan untuk melaksanakan bisnis profesional atau pribadi.

Kelompok kerja virtual menggunakan teknologi komputer guna menghubungkan orang-orang yang terpisah secara fisik guna mencapai sasaran bersama.

Kelompok kerja virtual dapat melakukan lebih banyak hal ketimbang kelompok kerja lainnya, terutama dalam hal berbagi informasi, pembuatan keputusan, dan perampungan pekerjaan.

Komponen GDSS menyediakan perangkat untuk memfasilitaskan perencanaan, pengembangan, dan evaluasi gagasan serta menyimpulkan suatu topik dalam rapat suatu perusahaan. Salah satu perangkat GDSS adalah perangkat brainstorming elektronik yang memungkinkan orang-orang secara bersamaan dan anonim saling menyumbang ide.

REFERENSI
1. http://id.wikipedia.org/wiki/Media_Sosial#Situs_jejaring_sosial

2. Laudon, Kenneth dkk, 2008. System Informasi Managemen edisi 10. Salemba Empat. Jakarta.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar